03081 2200181 4500001002100000005001500021035002000036008003900056245012300095100002100218260006000239300002400299084001800323520251500341082000802856650001502864990002002879INLIS00000000000478620250712123721 a0010-0725000072250712 | | | 1 aPeran Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa SMPN 3 Tenggarong Tahun Pelajaran 2022/2023 /cAl Fasha Rovita aRovita, Al Fasha aTenggarong :bFKIP-Universitas Kutai Kartanegara,c2025 a45 hlm. ;c21x30 cm a370 ROV P C.1 aAl Fasha Rovita, 2025. Peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakar swa SMPN 3 Tenggarang Tahun Pelajaran 2012/2023 Skripsi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara, Pembimbing I Dr. Zen Istiariono. M.Pd. Pembimbing II Sarrul Bariah, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat suwa SMPN 3 Tenggarong dimana peran itu bisa diperikan ke guru karena guru mampu mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik siswa untuk membantu proses pembelajaran dan mengetahu minat dan bakat siswanya. Dalam kegiatan ekstarakurikuler seni tari yang bersifat multilingual, multidimensional dan multicultural, sangat cocok untuk mengetahui minat dan bakat siswa dimana peran sekolah memberikan apresiasi dan kreasi dengan cara menadukan harmonis unsur estetika, logika, kinerstika, dan etika dan kemampuan yang dimiliki siswa dapat memberikan apresiasi terhadap budaya Nusantara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sejauh mana peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bekat siswa dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong, Peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong dalam hal ini pada ekstrakurikuler tari yaitu Pembina dalam hal ini guru SMPN 3 Tenggarong yang langsung menjadi pembinanya memeng berperan dalam mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan juga hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa SMPN 3 Tenggarong memang memiliki guru pada bidang seni yang dapat mengontrol secara langsung bagaimana minat dan bakat siswa pada bidang tari tetapi yang terjadi di lapangan walaupun guru sudah berperan tetapi minat dan hakat siswa yang memang kurang tetap saja membuat siswa berminat dan mendapatkan nilai yang baik pada kegiatan ekstakurikuler Tari Faktor-faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, anak itu sendiri dan bakat yang dimiliki. Disamping itu juga memiliki faktor-faktor penghambat antara lain terdapat siswa ada yang tidak mau berkerja sama dengan temannya, ada juga siswa yang tidak membawa alat-alat yang telah disepakati dikarenakan kurangnya minat mereka, da nada juga siswa yang kurang peduli terhadap kerja dalam kelompok.
 a370 4aPendidikan a250713110008047