02325 2200181 4500001002100000005001500021035002000036008003900056245018500095100002400280260006000304300002400364084001800388520169400406082000802100650001502108990002002123INLIS00000000000493620250726114111 a0010-0725000222250726 | | | 1 aHubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv SDN 016 Margasari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pembelajaran 2020/2021 /cWidia Warda Ulfah aUlfah, Widia Wardah aTenggarong :bFKIP-Universitas Kutai Kartanegara,c2020 a59 hlm. ;c21x30 cm a370 ULF H C.1 aPenelitian ini berjudul "Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 016 Margasari Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa ketika pelajaran berlangsung. Sirwa cenderug pasif dan kurang antusias, guru terlihat mendominasi kelas dan kegiatan belajar mengajar mengajar kurang melibatkan siswa secara aktif.
Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui sejauhmana pengelosan kelas di kelas IV di SDN 016 Margasari. Kedua, untuk mengetahui sejauhmata motivasi belajar siswadi kelas IV di SDN 016 Margasari. Ketiga, untuk mengetahui sejauhmana hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar di kelas IV di SDN 016 Margasari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data daam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi produk moment.
Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: pertama pengelolaan kelas di SDN 016 Margasarimsih dalam kategori sedang karena dari 49 responden ada 10 siswa yang menjawab tinggi, 33 yang menjawab sedang, dan 6 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar siswa yang masih dalam kategori sedang karena dari 49 responden diketahui bahwa 8 orang yang menjawab tinggi, 32 yang menjawab sedang, dan 8 yang menjawab rendah. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 016 Margasari. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata rhitung sebesar 0,376 jauh lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% (0,288).
 a370 4aPendidikan a220213110008197