
Judul | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2024/2025 / Rina Zuhria |
Pengarang | Zuhria, Rina |
Penerbitan | Tenggarong : FKIP-Universitas Kutai Kartanegara, 2024 |
Deskripsi Fisik | 62 hlm. ;21x30 cm |
Subjek | Pendidikan |
Abstrak |
Rina Zuhria. 2024. Implementass Kurikachum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Sejarak di SMA Negeri 2 Sebulu tahun pelajaran 2024 2025 Skripa Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ina Pendidikan Universtas Kutai Kartanegara Tenggarong. Pembimbing 1. De Zen Istiarum, S.Pi S.Pd. M.PM Pembimbing 2 Wiwik Anggranu, S.Sos 1., M.Pd. Jenis Peneliman ini adalah penelitian Kualitatif Penclitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 nSebulu Teknik Pengumpulan data yang dikumpulkan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi langsung dengan satu orang Waka Kurikulum dan satu orang guru mata pelajaran sejarah Teknik Analisis datanya adalah deskripsi kualitatif yaitu redukas data, penyajian dan penarikan data kesimpulan Adapun tujuan penelitian ini ingin mengetahui pelaksanaan implemenyasi kurikulum merdeka belajar mata pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 2 Sebulu tahun ajaran 2024-2025. Berdasarkan hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka belajar memiliki dua faktor yauta faktor internal dan eksternal Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 2 Sebulu dilakukan secara tatap muka, offline dan online menggunakan buku pelajaran dan juga aplikasi media belajar yang mendukung kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran bervariatif dan lebih menyenangkan secara langsung menambah semangat belajar siswa. Implementasi kurikulum merdeka belaju yang sudah diterapkan di SMA Negeri 2 Schulu banyak mengalami perubahan tingkat belajar yang positif, diantaranya dengan adanya kegiatan P5 sesuai dengan materi belajar masing-masing mata pelajaran dan juga kegiatan mendukung lainnya seperti double track yang membuat siswa semangat karena mereka merasa lebih diperhatikan hobby dan kreatifitasnya sehingga dengan adanya double track menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang peminatan, kemudian nantinya saat lulus dari sekolah mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan keterampilan yang dimiliki di SMA ketika tidak dapat melanjutkan nendidikan. |
Bentuk Karya | Tidak ada kode yang sesuai |
Target Pembaca | Tidak ada kode yang sesuai |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
250713110008046 | 370 ZUH I C.1 | Baca di tempat | Perpustakaan Universitas - Ruang Koleksi Referensi & Baca | Tersedia |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000004785 | ||
005 | 20250712123718 | ||
008 | 250712################|##########|#|## | ||
035 | # | # | $a 0010-0725000071 |
082 | # | # | $a 370 |
084 | # | # | $a 370 ZUH I C.1 |
100 | # | # | $a Zuhria, Rina |
245 | 1 | # | $a Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2024/2025 /$c Rina Zuhria |
260 | # | # | $a Tenggarong :$b FKIP-Universitas Kutai Kartanegara,$c 2024 |
300 | # | # | $a 62 hlm. ; $c 21x30 cm |
520 | # | # |
$a Rina Zuhria. 2024. Implementass Kurikachum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Sejarak di SMA Negeri 2 Sebulu tahun pelajaran 2024 2025 Skripa Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ina Pendidikan Universtas Kutai Kartanegara Tenggarong. Pembimbing 1. De Zen Istiarum, S.Pi S.Pd. M.PM Pembimbing 2 Wiwik Anggranu, S.Sos 1., M.Pd. Jenis Peneliman ini adalah penelitian Kualitatif Penclitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 nSebulu Teknik Pengumpulan data yang dikumpulkan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi langsung dengan satu orang Waka Kurikulum dan satu orang guru mata pelajaran sejarah Teknik Analisis datanya adalah deskripsi kualitatif yaitu redukas data, penyajian dan penarikan data kesimpulan Adapun tujuan penelitian ini ingin mengetahui pelaksanaan implemenyasi kurikulum merdeka belajar mata pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 2 Sebulu tahun ajaran 2024-2025. Berdasarkan hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka belajar memiliki dua faktor yauta faktor internal dan eksternal Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 2 Sebulu dilakukan secara tatap muka, offline dan online menggunakan buku pelajaran dan juga aplikasi media belajar yang mendukung kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran bervariatif dan lebih menyenangkan secara langsung menambah semangat belajar siswa. Implementasi kurikulum merdeka belaju yang sudah diterapkan di SMA Negeri 2 Schulu banyak mengalami perubahan tingkat belajar yang positif, diantaranya dengan adanya kegiatan P5 sesuai dengan materi belajar masing-masing mata pelajaran dan juga kegiatan mendukung lainnya seperti double track yang membuat siswa semangat karena mereka merasa lebih diperhatikan hobby dan kreatifitasnya sehingga dengan adanya double track menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang peminatan, kemudian nantinya saat lulus dari sekolah mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan keterampilan yang dimiliki di SMA ketika tidak dapat melanjutkan nendidikan. |
650 | # | 4 | $a Pendidikan |
990 | # | # | $a 250713110008046 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :