Cite This        Tampung        Export Record
Judul Peran Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa SMPN 3 Tenggarong Tahun Pelajaran 2022/2023 / Al Fasha Rovita
Pengarang Rovita, Al Fasha
Penerbitan Tenggarong : FKIP-Universitas Kutai Kartanegara, 2025
Deskripsi Fisik 45 hlm. ;21x30 cm
Subjek Pendidikan
Abstrak Al Fasha Rovita, 2025. Peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakar swa SMPN 3 Tenggarang Tahun Pelajaran 2012/2023 Skripsi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara, Pembimbing I Dr. Zen Istiariono. M.Pd. Pembimbing II Sarrul Bariah, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat suwa SMPN 3 Tenggarong dimana peran itu bisa diperikan ke guru karena guru mampu mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik siswa untuk membantu proses pembelajaran dan mengetahu minat dan bakat siswanya. Dalam kegiatan ekstarakurikuler seni tari yang bersifat multilingual, multidimensional dan multicultural, sangat cocok untuk mengetahui minat dan bakat siswa dimana peran sekolah memberikan apresiasi dan kreasi dengan cara menadukan harmonis unsur estetika, logika, kinerstika, dan etika dan kemampuan yang dimiliki siswa dapat memberikan apresiasi terhadap budaya Nusantara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sejauh mana peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bekat siswa dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong, Peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong dalam hal ini pada ekstrakurikuler tari yaitu Pembina dalam hal ini guru SMPN 3 Tenggarong yang langsung menjadi pembinanya memeng berperan dalam mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan juga hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa SMPN 3 Tenggarong memang memiliki guru pada bidang seni yang dapat mengontrol secara langsung bagaimana minat dan bakat siswa pada bidang tari tetapi yang terjadi di lapangan walaupun guru sudah berperan tetapi minat dan hakat siswa yang memang kurang tetap saja membuat siswa berminat dan mendapatkan nilai yang baik pada kegiatan ekstakurikuler Tari Faktor-faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, anak itu sendiri dan bakat yang dimiliki. Disamping itu juga memiliki faktor-faktor penghambat antara lain terdapat siswa ada yang tidak mau berkerja sama dengan temannya, ada juga siswa yang tidak membawa alat-alat yang telah disepakati dikarenakan kurangnya minat mereka, da nada juga siswa yang kurang peduli terhadap kerja dalam kelompok.

Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
250713110008047 370 ROV P C.1 Baca di tempat Perpustakaan Universitas - Ruang Koleksi Referensi & Baca Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000004786
005 20250712123721
008 250712################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0725000072
082 # # $a 370
084 # # $a 370 ROV P C.1
100 # # $a Rovita, Al Fasha
245 1 # $a Peran Sekolah Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa SMPN 3 Tenggarong Tahun Pelajaran 2022/2023 /$c Al Fasha Rovita
260 # # $a Tenggarong :$b FKIP-Universitas Kutai Kartanegara,$c 2025
300 # # $a 45 hlm. ; $c 21x30 cm
520 # # $a Al Fasha Rovita, 2025. Peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakar swa SMPN 3 Tenggarang Tahun Pelajaran 2012/2023 Skripsi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara, Pembimbing I Dr. Zen Istiariono. M.Pd. Pembimbing II Sarrul Bariah, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat suwa SMPN 3 Tenggarong dimana peran itu bisa diperikan ke guru karena guru mampu mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik siswa untuk membantu proses pembelajaran dan mengetahu minat dan bakat siswanya. Dalam kegiatan ekstarakurikuler seni tari yang bersifat multilingual, multidimensional dan multicultural, sangat cocok untuk mengetahui minat dan bakat siswa dimana peran sekolah memberikan apresiasi dan kreasi dengan cara menadukan harmonis unsur estetika, logika, kinerstika, dan etika dan kemampuan yang dimiliki siswa dapat memberikan apresiasi terhadap budaya Nusantara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sejauh mana peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bekat siswa dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong, Peran sekolah dalam mengembangkan minat dan bakat siswa SMPN 3 Tenggarong dalam hal ini pada ekstrakurikuler tari yaitu Pembina dalam hal ini guru SMPN 3 Tenggarong yang langsung menjadi pembinanya memeng berperan dalam mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan juga hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa SMPN 3 Tenggarong memang memiliki guru pada bidang seni yang dapat mengontrol secara langsung bagaimana minat dan bakat siswa pada bidang tari tetapi yang terjadi di lapangan walaupun guru sudah berperan tetapi minat dan hakat siswa yang memang kurang tetap saja membuat siswa berminat dan mendapatkan nilai yang baik pada kegiatan ekstakurikuler Tari Faktor-faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, anak itu sendiri dan bakat yang dimiliki. Disamping itu juga memiliki faktor-faktor penghambat antara lain terdapat siswa ada yang tidak mau berkerja sama dengan temannya, ada juga siswa yang tidak membawa alat-alat yang telah disepakati dikarenakan kurangnya minat mereka, da nada juga siswa yang kurang peduli terhadap kerja dalam kelompok.
650 # 4 $a Pendidikan
990 # # $a 250713110008047
Content Unduh katalog