
Judul | Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv SDN 016 Margasari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pembelajaran 2020/2021 / Widia Warda Ulfah |
Pengarang | Ulfah, Widia Wardah |
Penerbitan | Tenggarong : FKIP-Universitas Kutai Kartanegara, 2020 |
Deskripsi Fisik | 59 hlm. ;21x30 cm |
Subjek | Pendidikan |
Abstrak |
Penelitian ini berjudul "Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 016 Margasari Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa ketika pelajaran berlangsung. Sirwa cenderug pasif dan kurang antusias, guru terlihat mendominasi kelas dan kegiatan belajar mengajar mengajar kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui sejauhmana pengelosan kelas di kelas IV di SDN 016 Margasari. Kedua, untuk mengetahui sejauhmata motivasi belajar siswadi kelas IV di SDN 016 Margasari. Ketiga, untuk mengetahui sejauhmana hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar di kelas IV di SDN 016 Margasari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data daam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi produk moment. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: pertama pengelolaan kelas di SDN 016 Margasarimsih dalam kategori sedang karena dari 49 responden ada 10 siswa yang menjawab tinggi, 33 yang menjawab sedang, dan 6 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar siswa yang masih dalam kategori sedang karena dari 49 responden diketahui bahwa 8 orang yang menjawab tinggi, 32 yang menjawab sedang, dan 8 yang menjawab rendah. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 016 Margasari. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata rhitung sebesar 0,376 jauh lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% (0,288). |
Bentuk Karya | Tidak ada kode yang sesuai |
Target Pembaca | Tidak ada kode yang sesuai |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
220213110008197 | 370 ULF H C.1 | Baca di tempat | Perpustakaan Universitas - Ruang Koleksi Referensi & Baca | Tersedia |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000004936 | ||
005 | 20250726114111 | ||
008 | 250726################|##########|#|## | ||
035 | # | # | $a 0010-0725000222 |
082 | # | # | $a 370 |
084 | # | # | $a 370 ULF H C.1 |
100 | # | # | $a Ulfah, Widia Wardah |
245 | 1 | # | $a Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv SDN 016 Margasari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pembelajaran 2020/2021 /$c Widia Warda Ulfah |
260 | # | # | $a Tenggarong :$b FKIP-Universitas Kutai Kartanegara,$c 2020 |
300 | # | # | $a 59 hlm. ; $c 21x30 cm |
520 | # | # |
$a Penelitian ini berjudul "Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 016 Margasari Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa ketika pelajaran berlangsung. Sirwa cenderug pasif dan kurang antusias, guru terlihat mendominasi kelas dan kegiatan belajar mengajar mengajar kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui sejauhmana pengelosan kelas di kelas IV di SDN 016 Margasari. Kedua, untuk mengetahui sejauhmata motivasi belajar siswadi kelas IV di SDN 016 Margasari. Ketiga, untuk mengetahui sejauhmana hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar di kelas IV di SDN 016 Margasari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data daam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi produk moment. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: pertama pengelolaan kelas di SDN 016 Margasarimsih dalam kategori sedang karena dari 49 responden ada 10 siswa yang menjawab tinggi, 33 yang menjawab sedang, dan 6 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar siswa yang masih dalam kategori sedang karena dari 49 responden diketahui bahwa 8 orang yang menjawab tinggi, 32 yang menjawab sedang, dan 8 yang menjawab rendah. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 016 Margasari. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata rhitung sebesar 0,376 jauh lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% (0,288). |
650 | # | 4 | $a Pendidikan |
990 | # | # | $a 220213110008197 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :