Cite This        Tampung        Export Record
Judul Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv SDN 016 Margasari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pembelajaran 2020/2021 / Widia Warda Ulfah
Pengarang Ulfah, Widia Wardah
Penerbitan Tenggarong : FKIP-Universitas Kutai Kartanegara, 2020
Deskripsi Fisik 59 hlm. ;21x30 cm
Subjek Pendidikan
Abstrak Penelitian ini berjudul "Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 016 Margasari Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa ketika pelajaran berlangsung. Sirwa cenderug pasif dan kurang antusias, guru terlihat mendominasi kelas dan kegiatan belajar mengajar mengajar kurang melibatkan siswa secara aktif.
Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui sejauhmana pengelosan kelas di kelas IV di SDN 016 Margasari. Kedua, untuk mengetahui sejauhmata motivasi belajar siswadi kelas IV di SDN 016 Margasari. Ketiga, untuk mengetahui sejauhmana hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar di kelas IV di SDN 016 Margasari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data daam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi produk moment.
Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: pertama pengelolaan kelas di SDN 016 Margasarimsih dalam kategori sedang karena dari 49 responden ada 10 siswa yang menjawab tinggi, 33 yang menjawab sedang, dan 6 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar siswa yang masih dalam kategori sedang karena dari 49 responden diketahui bahwa 8 orang yang menjawab tinggi, 32 yang menjawab sedang, dan 8 yang menjawab rendah. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 016 Margasari. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata rhitung sebesar 0,376 jauh lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% (0,288).

Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
220213110008197 370 ULF H C.1 Baca di tempat Perpustakaan Universitas - Ruang Koleksi Referensi & Baca Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000004936
005 20250726114111
008 250726################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0725000222
082 # # $a 370
084 # # $a 370 ULF H C.1
100 # # $a Ulfah, Widia Wardah
245 1 # $a Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv SDN 016 Margasari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pembelajaran 2020/2021 /$c Widia Warda Ulfah
260 # # $a Tenggarong :$b FKIP-Universitas Kutai Kartanegara,$c 2020
300 # # $a 59 hlm. ; $c 21x30 cm
520 # # $a Penelitian ini berjudul "Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 016 Margasari Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa ketika pelajaran berlangsung. Sirwa cenderug pasif dan kurang antusias, guru terlihat mendominasi kelas dan kegiatan belajar mengajar mengajar kurang melibatkan siswa secara aktif.
Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui sejauhmana pengelosan kelas di kelas IV di SDN 016 Margasari. Kedua, untuk mengetahui sejauhmata motivasi belajar siswadi kelas IV di SDN 016 Margasari. Ketiga, untuk mengetahui sejauhmana hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar di kelas IV di SDN 016 Margasari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data daam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi produk moment.
Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: pertama pengelolaan kelas di SDN 016 Margasarimsih dalam kategori sedang karena dari 49 responden ada 10 siswa yang menjawab tinggi, 33 yang menjawab sedang, dan 6 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar siswa yang masih dalam kategori sedang karena dari 49 responden diketahui bahwa 8 orang yang menjawab tinggi, 32 yang menjawab sedang, dan 8 yang menjawab rendah. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 016 Margasari. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata rhitung sebesar 0,376 jauh lebih besar dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% (0,288).
650 # 4 $a Pendidikan
990 # # $a 220213110008197
Content Unduh katalog